Metode Pelatihan Outbound Trawas


Metode yang dipergunakan dalam pelatihan outbound trawas adalah metode belajar dari pengalaman (Experiential Learning Cycle) dan menerapkan suatu cara belajar sambil bekerja (Learning by doing).Konsep outbound dikondisikan dalam suatu tantangan yang menarik dengan kegiatan melalui media alam terbuka sebagai sarana belajar.Tantangan fisik dan mental yang sengaja didesain secara khusus untuk memberikan pengalaman belajar tanpa melampaui kapasitas fisik seseorang.

Melalui sebuah kegiatan refleksi peserta dapat memetik makna dari suatu proses pembelajaran,yang  mengarah pada pelaksanaan suatu  fungsi manajemen dan manfaat permainan bagi pengembangan kerjasama tim dan suatu proses pengembangan diri untuk menghadapi tantangan berikutnya yang lebih rumit sesuai tingkat kesulitan dan kemampuan peserta.

Dalam sebuah ulasan menurut Ancock (2002).ada berbagai alasan mengapa sebuah metode outbound dapat dipakai sebagai suatu metode belajar, antara lain sebagai berikut :

  1. Metode training outbound di trawas sebenarnya adalah sebuah simulasi kehidupan komplek yang dibuat menjadi lebih sederhana dan menyenangkan.
  2. Metode ini menggunakan pendekatan belajar seperti cara orang dewasa (andragogi) melalui suatu sistem belajar berdasarkan pengalaman (experiential learning cycle)
  3. Metode ini penuh dengan kegembiraan karena dilakukan dengan permainan dan simulasi yang digabungan dengan kegiatan menarik di alam terbuka yang menyenangkan.

Sebuah aktivitas pelatihan outbound yang berupa permainan seperti yang dilakukan oleh outbound trawas berkecenderungan untuk disukai oleh banyak orang.Penyelenggaraan outbound trawas di selenggarakan untuk dapat merangsang emosi dan kegembiraan pada diri peserta pelatihan.Bagi kebanyakan orang,belajar akan sangat efektif jika dilakukan dalam suasana dan kondisi yang menyenangkan karena akan lebih mudah terserap materi yang diberikan oleh trainer.

Secara umum, pelatihan outbound bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan kemampuan bekerjasama, rasa percaya diri, kepekaan terhadap tanggungjawab dan kebutuhan orang lain.
  2. Menanamkan rasa cinta, solidaritas dan loyalitas terhadap kelompok.
  3. Meningkatkan kepekaan terhadap kelestarian lingkungan hidup.
  4. Menumbuhkan dan meningkatkan motivasi dan keyakinan diri anggota akan kemampuan diri untuk siap berperan mencapai visi dan tujuan kelompok secara kreatif.
  5. Memberikan suasana penyegaran dan memecahkan kekakuan birokrasi.

Dengan segala penjelasan diatas setidaknya memberikan alasan kepada anda kenapa anda harus memilih kami sebagai provider outbound andalan anda menghubungi kami untuk mempercayakan kegiatan outbound anda bersama kami atau kunjungi website kami di www.outboundditrawas.com dan hubungi kami 082244706920 24 jam untuk info lebih lanjut.



Recent Comments