Lampu Ideal Rumah dan Teknik Lighting yang Tepat


Lampu merupakan bagian penting dalam setiap rumah, dimana pencahayaan atau penerangan akan membuat rumah memiliki suasana yang lebih nyaman. Lampu juga bisa mempengaruhi penampilan rumah yang terlalu terang, nyaman, menakutkan atau justru rumah yang bikin pusing karena lampu yang remang.

Bila anda kebingungan untuk memilih lampu mana yang tepat bagi ruangan di rumah anda, anda harus membaca artikel ini hingga selesai sebagai pertimbangan dalam memilih penerangan yang akan digunakan selain itu memilih tips lampu memang dirasa sepele, namun sayangnya masih banyak pemilik rumah yang bingung. Bagaimana memilih lampu ideal rumah ?

Teknik Lighting yang Tepat

  1. Lampu Ideal Rumah Untuk Pencahayaan Umum

Dalam dunia interior ada yang namanya pencahayaan umum, dimana seringkali disebut sebagai general lighting. Pencahayaan umum merupakan sumber bagi penerangan utama di rumah. Bukan tanpa alasan dibilang umum, karena lampu ini harus terletak di bagian simetris rumah dan rata.

Selain itu cahaya yang dibutuhkan merupakan cahaya normal yang tidak terlalu terang namun juga tidak terlalu gelap. Biasanya pencahayaan umum dibutuhkan untuk ruang keluarga atau ruang makan yang membutuhkan cahaya cukup untuk bercengkaram namun juga nyaman dan tidak terlalu bersinar. Untuk jenis lampu yang digunakan untuk jenis pencahayaan ini adalah downlight dan tubular lamp (TL).

  1. Lampu Ideal Rumah untuk Pencahayaan Khusus

Jika ada pencahayaan umum maka ada pencahayaan khusus. Biasanya orang interior menyebutnya sebagai task lighting. Task lighting atau pencahayaan khusus merupakan lampu yang sinarnya difokuskan pada suatu area atau tempat dan lebih sempit. Tujuan ini membantu untuk memfokuskan kita dalam melihat.

Ada beberapa area yang menggunakan pencahayaan khusus, diantaranya adalah :

  • Membaca,
  • Memasak,
  • Juga untuk membuat kerajinan tangan.

Sebenarnya adanya pencahayaan khusus bukan penambahan interior saja, hal ini bersangkutan dengan kesehatan mata. Anda lebih sehat dan tidak tegang saat melakukan aktivitas tersebut karena cahayanya terfokus. Terutama anak-anak dan orang tua yang memiliki mata baru berkembang dan juga orang tua yang sudah rabun.

Dari sisi interior pencahayaan khusus bisa menambah kesan fokus pada suatu tempat dan menambah kesan tegas dalam suatu ruangan tertentu. Seperti kamar atau memang area yang dikhususkan untuk sebuah fungsi saja tidak yang lain.

  1. Lampu Ideal Rumah untuk Pencahayaan Aksen

Selanjutnya adalah lampu interior yang bernama lampu aksen atau pencahayaan aksen, atau biasa disebut sebagai accent lighting yang bisa di dapatkan di tokotoko. Fungsi lampu ini untuk apa ?  Jenis lampu ini lebih digunakan untuk menyorot benda-benda khusus.

Misalnya di rumah anda memiliki kolam, benda seni seperti lukisan atau foto untuk menambah kesan efek drama dalam pajangan anda Tujuannya lainnya adalah untuk menghadirkan nuansa berbeda melalui bentuk-bentuk visual yang menarik.

Uniknya lampu aksen biasanya dilengkapi dengan spotlight, maksudnya cahaya diarahkan pada posisi tertentu sehingga ketika menyoroti objek maka bias cahaya akan kuat dan terlihat indah. Sebenarnya teknik lighting untuk membuat rumah menjadi terlihat ideal ini sering dilakukan oleh para pendesain interior yang ingin rumahnya terlihat bagus.

Tak mengharuskan semua rumah menggunakan teknik ini, hanya saja beberapa desain interior dibuat bukan karena indah saja namun mereka membuat sesuai fungsinya dan juga keamanannya. Tak jarang mereka membuat lighting yang bisa menyamankan pandangan dan juga mata anda ketika melihat atau berada di rumah. Tak ada salahnya kan mencobanya.



Recent Comments