Berjumpa di Kontraktor Kubah Masjid Al Mashun


Berjumpa di Kontraktor Kubah Masjid Al Mashun

Berjumpa di Kontraktor Kubah Masjid Al Mashun
Hallo teman rekan semuanya di mana juga anda ada, semuanya sehat sehat kan, syukurlah jika demikian. Nah untuk kesempatan ini juga akan sedikit membahas mengenai Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun. Teman teman telah tahu belum juga mengenai Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan ini, hah belum juga tau. Jika demikian simak deh artikel tersebut. Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun yaitu satu Kontraktor Kubah Masjid yang ada di Medan, Indonesia. Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan ini dibuat sekitaran th. 1906 teman teman, serta selesainya Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan ini pada th. 1909. Wuih lama juga ya pelaksanaannya. Dulunya, Pada awal pendirian Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan ini menyatu dengan ruang istana teman teman. Style arsitekturnya ciri khas percampuran India serta Spanyol buat Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan ini tampak unik. Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan ini berupa sisi delapan serta uniknya sekali lagi Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan mempunyai sayap dibagian selatan, timur, utara serta barat teman teman. Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan ini adalah saksi bisu histori kehebatan Suku Melayu sang yang memiliki dari Kesultanan Deli Kota Medan teman teman.
Menurut narasi sejarahnya Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan ini dahulu diprakarsai oleh Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam teman teman. Pembangunanya Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan sendiri dikerjakan pada tanggal 21 Agustus 1906 atau 1 Rajab 1324 Hijriah. Untuk Keseluruhnya pembangunan Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan Usai pada tanggal 10 September 1909 atau 25 Sya‘ban 1329 Hijriah. Nah untuk perayaan sudah usai nya Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan yakni dengan proses sholat Jum’at pertama di Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan ini. Keseluruhnya pembangunannya dari Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan menggunakan dana sebesar satu juta Gulden lho teman teman. Eh gulden, mata uang mana itu, jika di rupiah in brapa??. satu juta gulden sama dengan 7, 5 miliar rupuah teman teman. Sangat banyak kan, pastesan Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan begitu elegan. Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam memanglah berniat membuat Kontraktor Kubah Masjid kerajaan ini dengan megah serta elegan, karna menurut prinsipnya pembangunan Kontraktor Kubah Masjid lebih paling utama daripada kemegahan istananya sendiri, yakni Istana Maimun. Serta semuanya pendanaan pembangunan Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan ini dijamin sendiri oleh Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam.
Bangunan Kontraktor Kubah Masjid Raya Al Mashun Medan terdiri jadi ruangan paling utama, tempat wudhu, gerbang masuk serta menara. Ruangan paling utama, tempat sholat, berupa sisi delapan berbeda bagian. Pada bagian bertemu lebih kecil, ada ‘beranda’ serambi kecil yang melekat serta menjorok keluar. Jendela-jendela yang melingkari pintu teras terbuat dari kayu dengan kaca-kaca patri yang begitu bernilai yang dipadukan dengan kesenian Islam. Semua ornamentasi didalam Kontraktor Kubah Masjid baik pada dinding, plafon, tiang-tiang, serta permukaan lengkungan yang kaya dengan hiasan bunga serta tumbuh-tumbuhan. dimuka semasing teras ada tangga.



Recent Comments