Apa itu epilepsi masa kecil dan bagaimana cara merawatnya?


Epilepsi masa kecil
Apa itu epilepsi masa kecil dan bagaimana cara merawatnya?

Epilepsi adalah gangguan sistem saraf yang intermiten, yang mempengaruhi 1 persen anak-anak dan ditandai dengan kejang atau kejang. Sebagian besar anak-anak yang terkena penyakit ini dapat mengembangkan “kehidupan normal dan sehat.” Meskipun namanya mungkin mengesankan banyak orang tua, kebanyakan anak-anak epilepsi memiliki evolusi yang baik dan karena pengobatan.

 

Apa itu epilepsi?

Ini adalah penyakit neurologis di mana tindakan sengatan listrik mempengaruhi neuron otak anak-anak, memicu serangan epilepsi. Serangan ini bisa jadi karena faktor keturunan, penyakit menular seperti meningitis dan ensefalitis, masalah pada kehamilan atau cedera kepala.

Mengapa epilepsi terjadi?

Otak terdiri dari sel yang disebut neuron, yang berkomunikasi satu sama lain dengan impuls listrik. Impuls ini menyebabkan kita melakukan gerakan sukarela atau menerima sensasi dari dunia sekitar kita. Kejang epilepsi diproduksi oleh pelepasan impuls listrik yang tidak terorganisir dalam kelompok neuron. Jika perubahan neuron terletak di tempat di otak, biasanya akan menyebabkan krisis fokus.

Bila ada rangsangan umum otak secara keseluruhan, ini menyebabkan kejang umum, di mana biasanya tidak ada kelainan yang jelas di otak dan mungkin karena kelainan dalam regulasi komunikasi sel otak, mungkin turun temurun, berasal dari genetik.

 

Bagaimana mengetahui apakah anak itu penderita epilepsi?

Penting untuk diketahui bahwa banyak episode yang tampaknya kritis bukanlah epilepsi. Kejang demam atau sesak napas tidak masuk ke dalam epilepsi. Seorang anak mengalami epilepsi saat:

– Anda menderita dua atau lebih kejang tanpa pemicu yang jelas (demam, misalnya).

– Kehilangan pengetahuan, menyajikan absen singkat atau suspensi sesaat aktivitas sadar yang dimanifestasikan berulang kali.

– Ini menimbulkan kontraksi otot yang hebat, dengan mengguncang satu atau beberapa kelompok otot.

– Ini menyajikan perubahan mulut, mual atau keringat berlebihan, disertai gerakan abnormal.

Diagnosis dan pengobatan epilepsi

Epilepsi diobati dan obat baru memperbaiki kualitas hidup orang-orang yang terkena penyakit ini. Untungnya, kebanyakan anak yang mengidapnya bisa dikontrol dengan obat antiepileptik. Sangat banyak, ada krisis yang resisten terhadap beberapa perawatan dan, terkadang, mereka memerlukan pendekatan yang berbeda seperti pembedahan, sejenis diet yang disebut ketogenic atau implantasi alat pacu jantung di saraf vagus. Faktor yang diketahui memicu serangan pada anak tertentu, seperti televisi, video game atau lampu disko, harus dihindari.

Beberapa kasus epilepsi masa kanak-kanak sembuh sendiri dengan berlalunya waktu, sementara kebanyakan membutuhkan perawatan. Untuk memastikan diagnosis epilepsi, perlu melakukan electroencephalogram, pemindaian dan resonansi. Obat-obatan dapat mengendalikan serangan epilepsi pada kebanyakan anak-anak. Biasanya, mereka dipasarkan dalam bentuk tablet, sirup atau kapsul. Ada kemungkinan anak tersebut mengalami ketidaknyamanan perut pada hari-hari pertama atau minggu pada awal pengobatan. Setiap ketidaknyamanan yang dirasakan oleh anak selama periode ini harus dilaporkan ke dokter.

Apa yang bisa menyebabkan serangan epilepsi?

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan serangan epilepsi pada anak. Dalam 7 dari 10 kasus Anda tidak dapat mengidentifikasi penyebab apapun, selebihnya Anda dapat menemukan:

– Masalah perkembangan otak saat hamil

– Kurangnya oksigen selama atau setelah melahirkan

– Cedera otak traumatis

– Tumor otak (jarang pada anak kecil)

– Kejang demam yang sangat berkepanjangan

– Ensefalitis atau meningitis

– Kasus epilepsi di kerabat.

Selain itu, dalam bentuk serangan epilepsi infantil dapat mempengaruhi perubahan waktu, perubahan siklus bulan, kurang tidur dan perubahan pada istirahat malam hari, faktor-faktor yang semuanya meningkatkan kemungkinan menderita krisis. pada anak-anak sudah cenderung terhadap penyakit neurologis ini.



Recent Comments